Jumat, 20 Januari 2017

KEBUN TEH KABAWETAN



SEJUK DI KEPAHIANG




Kebun Teh Kabawetan - Bengkulu Kebun Teh Kabawetan-Kebisingan yang memekakan telinga, cuaca panas, polusi, debu dimana-mana. Kira-kira seperti itulah keadaan yang paling sering kita temui saat berada di tengah kepadatan dan hiruk pikuk tengah kota. Nah, bagi anda yang ingin melepas lelah dan merefresing otak, ada sebuah tempat yang cukup tenang, memiliki pemandangan yang bagus, udara segar, dan jauh dari keramaian kota, yaitu Taman Agrowisata Kebun Teh Kabawetan ini. 

Lokasi dan Akomodasi Lokasi dari perkebunan Teh Kabawetan ini berada di Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu, Indonesia. Tempat yang disebut sebagai Taman Agrowisata Kebun Teh Kabawetan ini letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota, mungkin kira-kira hanya sekitar 10 kilo meter saja dari pusat kota Kepahiang.  


Tapi lain hal nya jika anda datang dari Pusat ibukota Provinsi Bengkulu ini, anda akan menempuh jarak sekirta 72 kilo meter, yaitu 62 kilo meter dari kota Bengkulu ke kota Kepahiang, lalu disambung 10 kilo meter dari kota Kepahiang menuju lokasi Kebun Teh Kabawetan ini Anda bisa menggunakan kendaraan apa saja untuk mencapai daerah ini, baik itu menggunakan mobil pribadi, ataupun menggunakan angkutan umum, jika anda datang dari kota Bengkulu, anda hanya perlu menaiki bus yang menuju ke kabupaten kapahiang dari terminal panorama. 

Lalu setelah sampai di kota Kapahiang, anda bisa menyambung mini bus ataupun bus besar yang menuju ke lokasi perkebunan Teh Kabawetan ini. Jika anda datang dari kota lain, contohnya lubuk linggau, Palembang, Jakarta, dan lain-lain, anda tinggal naik bus dari kota anda menuju ke kota Bengkulu, akan tetapi bila sudah sampai di kabupaten Kepahiang, anda berhenti disana dan menyambung mobil bus untuk tiba di lokasi Taman Agrowisata Kebun teh Kabawetan ini.
Anda juga bisa menggunakan mobil pribadi anda, lalu jika anda bingung dengan rute jalannya, anda bisa berhenti dan bertanya kepada masyarakat sekitar, mereka pasti akan memberi tahu anda dengan ramah, jadi jangan sungkan-sungkan untuk bertanya ya. 



Wisata Lokasi perkebunan Teh Kabawetan ini berdekatan dengan sebuah Perkebunan teh lainnya yang merupakan milik dari seorang pengusaha Taiwan, dan ada juga sebuah Perkebunan teh milik pengusaha swasta lainnya, kira-kira hampir sekitar 650 Ha, bayangkan jika sebuah perkebunan teh, berdampingan dengan perkebunan teh yang lain, pastinya jika anda datang kesana, sepanjang mata memandang, anda akan terus disuguhkan oleh pemandangan kebun teh yang seperti sebuah karpet hijau menyelimuti bukit.
Perkebunan Teh Kabawetan ini di kelola oleh dua perusahaan besar, yang pertama adalah PT Sarana Mandiri Mukti, lalu pengelola yang satunya adalah PT Trisula Ulung Mega Surya. Kedua perusahaan besar itu saling berbagi keuntungan dari hasil perkebunan teh tersebut, dan mengolahnya masing-masing. Contohnya adalah PT Trisula Ulung Mega Surya, perusahaan ini merupakan sebuah perusahaan swasta yang berasal dari Negara Taiwan. 

Perusahaan tersebut telah memperkerjakan kurang lebih sekitar 250 buruh pemetik teh. Hasil yang menjadi bagian perusahaan ini akan di olah menjadi produk dengan label atau merek “Taiwan Oolong Tea”, dan produk tersebut –pun tidak di perjual belikan disini karena mereka hanya menjualnya di Negara Taiwan saja.
Lahan yang menjadi lokasi perkebunan itupun adalah milik PT Sarana Mandiri Mukti yang merupakan salah satu dari pengelola perkebunan teh ini, dan baiknya perusahaan tersebut merupakan milik dalam negeri, jadi tidak semua keuntungan dari hasil perkebunan di salah satu wilayah negeri kita tercinta ini hanya di nikmati oleh warga Negara asing. Perusahaan ini juga merupakan sebuah hasil kerjasama antara Pemerintah Provinsi Bengkulu dengan sebuah perusahaan di kota Jakarta. 

Nah, hasil panen yang menjadi bagian PT Sarana Mandiri Mukti yang telah di petik dari lahan, akan mengalami proses fermentasi penuh terlebih dahulu. Lalu, jika sudah selesai maka hasil dari proses fermentasi tersebut akan menjadi Teh Hitam. Teh Hitam tersebut, akan di kemas dalam bungkusan yang berwarna kuning terang dengan ukuran berat bersih 50 gram per bungkusnya.
Teh hasil olahan PT Sarana Mandiri Mukti tadi, diberi label “Teh Kabawetan” dalam setiap produk jualannya. Teh Kabawetan ini juga sering lho di letakkan didalam stand-stand Pameran Pemerintahan Provinsi Bengkulu, jika ada sebuah acara atau pameran dengan tema produk unggulan daerah, setiap kabupaten di Provinsi Bengkulu ini selalu mengikuti acara tersebut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar